Kamis, 04 Oktober 2012

Mengapa Anjing & Kucing Suka Mengejar Sinar/ Cahaya yang Bergerak??

Anjing & Kucing Memiliki Perilaku yang Sangat Unik Berkaitan Dengan Sinar.
Ketika sorot senter atau laser menarik perhatian mata seekor anjing, tidak ada hal lain yang lebih penting bagi anjing itu ketimbang menangkap sorot sinar.
Anjing akan rela berlari-lari tanpa henti ke berbagai arah demi mengikuti sorot sinar dan berusaha menangkapnya.
Sayangnya,
Menangkap sinar bukanlah pekerjaan gampang. Sinar hanyalah sekumpulan foton tak bermassa yang secara fisik tidak dapat digenggam. Maka, alih-alih menangkap,
anjing lebih sering Hanya mengejar-ngejar sinar.

"Anjing dan Beberapa Kucing Secara Naluriah Mengejar Sorot Sinar Semata-mata Karena Sinar Itu Bergerak," kata Nicholas Dodman, seorang Profesor di bidang Perilaku Binatang

Sorot sinar yang bergerak-gerak secara otomatis merangsang naluri alami anjing untuk memburu mangsanya. Anjing mengejar sorot sinar lantaran beranggapan atau memperlakukan sinar itu sebagai mangsa yang harus diterkam.

Perilaku berlawanan ditunjukkan hewan yang berada di posisi lebih rendah dalam rantai makanan, seperti tikus dan kelinci. Keduanya lebih memilih diam sewaktu kepergok pemangsa.
Ini menjadi semacam stretegi bertahan hidup bagi mereka.

Dodman mengatakan, anjing bukan termasuk hewan yang cerdas tatkala berurusan dengan warna. Namun, mata anjing memiliki sel peka cahaya--disebut sel batang--dalam jumlah yang dominan, sehingga sensitif mendeteksi gerakan sekecil apapun di sekitarnya.

Dengan kemampuan alami seperti itu, sebuah sorot laser yang digerak-gerakkan sudah cukup untuk mengaktifkan sistem memangsa dalam tubuh anjing.

"Mereka tidak bisa mencegah diri mereka sendiri. Mereka harus mengejar sinar itu," kata Dodman seperti dikutip Huffingtonpost, Senin 30 Juli 2012.

Kejar-mengejar sinar ini bisa menjadi semacam penyakit perilaku bagi anjing. Seekor anjing, kata Dodman, akan terus mengejar dan menerkam sinar serta menghabiskan seluruh hidupnya berharap dan menunggu.

"Ini bisa membuat anjing gila," kata dia menjelaskan akibat terburuk yang dapat muncul jika anjing hanya mengejar sorot sinar tanpa pernah bisa menangkapnya.

Penjelasan Dodman tidak berlebihan. 
Para pelatih anjing pelacak juga mengutarakan hal serupa ihwal perilaku anjing mereka.
Mereka mengatakan,  Anjing-Anjing Pelacak yang Dilatih Mengenali Obat- Obatan Terlarang Dan Bom Menjadi Terganggu Secara Psikologis Jika Tidak Pernah Menemukan Bom Atau Narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar