Jumat, 05 Oktober 2012

Manfaat Dan Kerugian Mandi Air Dingin

Melanjutkan Post Saya Tentang: Manfaat Dan Kerugian Mandi Dengan Air Hangat
Sekarang Saya Akan menulis Tentang:
Manfaat Dan Kerugian Mandi Dengan Air Dingin:
1. Meningkatkan Metabolisme
Metabolisme bekerja lebih cepat saat tubuh merasakan suhu udara yang terlalu dingin atau panas, makanya ketika kedinginan Anda ingin segera mengenakan jaket. Saat itulah dimana karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat Anda hangat. Dengan meningkatnya metabolisme maka dapat memudahkan sistem kekebalan tubuh bekerja dan melepaskan sel darah putih.


2. Mengurangi Nyeri
Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan kulit edema, menyembuhkan dan mengatur sistem saraf otonomik.


3. Menghindari Cedera Olahraga
Mandi dengan air dingin disarankan agar menghindari cidera saat berolahraga, karena dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat otot, yang akan melebar dan berkontraksi ketika berolahraga.
 

4. Bermanfaat Untuk Kesuburan Pria
Suhu yang panas tidak baik untuk alat kelamin pria, karena dapat menurunkan jumlah sperma. Jika sedang dalam program untuk mendapatkan anak, maka pria disarankan mandi menggunakan air dingin. 


5. Meningkatkan sirkulasi darah untuk Menghilangkan Racun
Ketika air dingin mengenai permukaan kulit, pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini akan mengurangi sirkulasi darah. Namun, pada saat yang sama mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi.

6. Membangun Kekebalan Tubuh
Anda ingin meningkatkan sel darah putih? Mandilah air dingin, karena itu akan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.

7. Air dingin dan Irama tubuh
Air dingin dapat memperdalam pernapasan Anda dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

* Beberapa Manfaat Lain
Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan, dan mengatur sistem saraf otonomik.


Untuk Kerugiannya Mandi Air Dingin Tidak Ada.. (mungkin)
Mungkin Kerugiannya Hanya:
Bisa Membuat Masuk Angin (Soalnya Mandi Air Dingin Waktu Musim Dingin)


Jadi, Menurut Saya. Lebih Baik Mandi Dengan Air Dingin Karena Selain Banyak Manfaatnya, Kerugiannya yang Ditimbulkan Tidak Separah Air Panas
(Walupun Air Panas Lebih Nikmat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar