Selasa, 30 Juni 2015

Kenapa Ngengat Suka Memakan Pakaian?


Pasti pernah kan pakaian kalian yang sudah lama di lemari tiba - tiba berlubang? Bisa jadi itu adalah ulah ngengat. Mengapa ngengat suka memakan pakaian-pakaian kita?
Sebenarnya ngengat yang memakan pakaian bukanlah ngengat dewasa. Ngengat pakaian (Tineola bisselliella) hanya memiliki mulut pada waktu berbentuk larva (biasanya hanya berlangsung dari umur dua minggu hingga satu bulan).

Mula-mula, ngengat betina akan menempatkan sejumlah telur yang telah dibuahi ke pakaian yang ia anggap tepat untuk keturunannya nanti. Ngengat suka pakaian yang terbuat dari sutra, wol, atau bahan-bahan yang mengandung keratin. Jumlah telur yang diletakkan disana berkisar antara 50 hingga 1000 butir. Wow, banyak juga ya. Setelah telur-telur itu menetas, maka larva-larva ngengat itu akan mulai menggerogoti pakaian.

Telur ngengat sengaja diletakkan pada pakaian yang terbuat dari serat hewan, sutra, wol, kasmir, bulu, atau bahan-bahan lain yang mengandung keratin. Keratin tersusun dari protein struktural berserat yang juga dapat ditemukan pada rambut dan kulit. Oleh karena itu, kadang-kadang ngengat juga akan memakan kulit, bulu, atau gulungan rambut manusia dan hewan tetapi larva ngengat tidak menyukai kain sintetis dan katun.

Nah, salah satu cara mengusir ngengat yaitu dengan memasang lampu di dalam tempat menyimpan baju. Karena ngengat pakaian tidak suka dengan sesuatu yang terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar