Sabtu, 27 Juni 2015

Apa Fungsi Corak Garis Hitam Putih di Tubuh Zebra?



Zebra merupakan salah satu keluarga kuda yang memiliki keunikan tersendiri. Bentuk fisiknya hampir serupa dengan kuda pada umumnya, namun warna belang-belang zebra yang bergaris-garis hitam putih inilah yang membuatnya tampak unik dibandingkan kuda lainnya. Sebenarnya apa sih fungsi dari belang hitam putih zebra?
Garis-garis hitam putih yang dimiliki zebra berguna untuk menghindari predator yang akan menyerangnya. Di habitat zebra yaitu savannah, garis hitam putih bisa membaur dengan rumput-rumput tinggi. Ini bisa menyembunyikan mereka dari predator.

Meskipun garis-garis zebra hitam putih dan garis rumput berwarna kuning, coklat atau hijau, zebra masih sulit terdeteksi karena predator utama zebra yaitu singa, buta warna. Jadi, saat zebra berdiri sekalipun di antara rumput tinggi, singa tidak dapat mendeteksi keberadaannya. Singa akan menjadi lebih bingung untuk melacak dan menarget mangsa saat zebra berjalan bergerombol dalam kawanan mereka karena singa melihat garis-garis zebra yang bergerak menyatu dengan kawanannya.

Keistimewaan yang lain dari garis hitam putih zebra ini adalah sebagai pembantu zebra mengenali satu sama lain karena konsep garis-garis ini sama seperti sidik jari di mana satu pola hanya dimiliki satu individu. Bahkan, para peneliti pun sangat terbantu untuk proses penelitian dan pemeliharaan zebra karena melacak individu zebra di alam liar menjadi mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar