Kamis, 10 Oktober 2013

Kenapa Kepala Kita Pusing Setelah Berputar - Putar?


Kepala Pusing [www.Kumpulanpertanyaansulit.blogspot.com]

Sebenarnya yang membuat kepala kita pusing adalah organ keseimbangan (organ keseimbangan ada di ruang telinga bagian tengah).
Organ keseimbangan bekerja sebagai sebuah sistem, karena berisi berbagai macam saraf.

Di dalam orgam keseimbangan ada tiga gelung pipa (semicircular canal) berisi cairan yang ketiganya bermuara ke ruang vestibule. Di setiap ujung gelung pipa terdapat ujung-ujung saraf cupula yang berada dalam ruang ampula.


Saraf Cupula ini bersifat peka rangsangan jika tersentuh oleh aliran cairan dalam gelung pipa yang mengalir hilir mudik, sesuai posisi dan gerakan kepala.

Dalam posisi kepala tertentu kadang aliran dalam gelung menyentuh cupula. Informasi ini yang mengabarkan ke otak sedang dalam posisi apa tubuh berada dari saat ke saat. Lalu otak menata posisi seimbang dengan memerintahkan kepala dan postur tubuh jika ternyata tidak berada dalam posisi kurang seimbang, sehingga tubuh senantiasa terpelihara dalam posisi tegak seimbang. Untuk itu, perlu koordinasi dengan mata juga.

Saat kita berputar-putar, cairan koklea di dalam gelung pipa atau rumah siput juga berputar dan mengirimkan sinyal posisi tubuh ke otak kita. Jika tiba-tiba berhenti berputar, kita bisa terjatuh dan merasa pusing. Hal ini terjadi karena cairan koklea masih berputar walaupun tubuh kita telah diam. Sensor di dalam telinga masih mengirimkan pesan ke otak seakan-akan kita masih berputar. Hal inilah yang membuat kita pusing dan merasa seperti akan jatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar