Selasa, 06 November 2012

Mengapa Pria Suka Dengan Wanita yang Mirip Ibunya??

Hufftt..
Tugas sekolah numpuk, jadi males post. Jadi aku copas dolo dari detik.com
 Langsung aja..


Mungkin tak banyak yang menyadari jika istri atau kekasih seorang pria seringkali memiliki kemiripan sifat atau bentuk fisik dengan wanita pertama yang dicintainya yaitu ibunya sendiri.
Sebuah studi dari Finlandia pun memastikan bahwa hal ini ada dasarnya.peneliti berupaya membandingkan pasangan masing-masing partisipan dengan orang tua partisipan.

"Hasilnya, meski suami partisipan wanita tak ada mirip-miripnya dengan sang ayah, tapi partisipan pria lebih cenderung memiliki pasangan yang memiliki kemiripan 'signifikan' dengan ibunya,"
ujar Urszula Marcinkowska, Ph.D., seorang psikolog evolusioner dari University of Turku seperti dikutip dari menshealth.

Menurut Marcinkowska, tak ada yang salah dengan ketertarikan itu.
Sebab proses evolusi dan seleksi alam telah memprogram setiap manusia untuk mencari pasangan yang berasal dari kelompok yang spesiesnya sama. Apalagi karena kontak paling awal dan paling dekat yang dimiliki seseorang adalah dengan ibunya maka tak heran jika ibulah contoh wanita yang dicari para pria, terangnya.

Sebaliknya, ayah tak meninggalkan 'jejak' yang sama pada tipe pasangan putrinya, tambahnya.

Tapi ternyata hubungan antara ibu dan anak laki-lakinya itu tak hanya menjelaskan ketertarikan seorang pria pada wajah wanita saja. "Hubungan Anda dengan ibu juga akan memainkan peranan penting dalam menentukan seberapa baik hubungan antara Anda dengan para wanita dalam kehidupan Anda," tandas Michael Kimmel, Ph.D., seorang sosiolog dari SUNY dan penulis buku Guyland.

Jadi jika ibu Anda lalai dan memperlakukan Anda dengan buruk maka secara tidak sadar Anda akan mencari wanita dengan kepribadian yang serupa sebagai pasangan, tambah William Pollack, Ph.D., seorang pakar pria dari Cambridge Health Alliance and Harvard Medical School.

Alasannya?
Bisa dikatakan Anda mencoba untuk 'memperbaiki' hubungan ibu dan anak laki-laki yang rusak itu, kendati faktanya sebagian besar upaya ini tak membuahkan hasil.

Lalu Pollack menyarankan ketika Anda mengalami sejumlah kegagalan dalam hubungan percintaan maka bandingkan kondisi itu dengan hubungan antara Anda dan ibu Anda. Jika ada kemiripan maka inilah saatnya Anda mencari pasangan lain yang karakter yang berbeda. "Kalau bisa yang tidak mirip sama sekali dengan ibu Anda," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar